Kec. Ngawen

Peta Kecamatan Ngawen Ngawen adalah salah satu wilayah Kecamatan di Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta kearah timur laut dari Ibukota Kabupaten Gunungkidul (Wonosari), dengan jarak 25 Km. Kecamatan Ngawen disebelah utara berbatasan langsung dengan Kabupaten Klaten dan Sukoharjo Propinsi Jawa Tengah.  Jarak terjauh pusat kecamatan dengan pusat desa kurang lebih 5 km. Kecamatan dengan Luas 4.569,37 Ha yang terbagi menjadi 6 desa, 66 pedukuhan, 66 RW dan 256 RT.

Ibukota Kecamatan terletak di Desa Kampung, Desa-desa di Kecamatan Ngawen antara lain : Watusigar, Beji, Kampung, Jurangjero, Sambirejo dan Tancep. Daerah dengan  ketinggian sekitar 600 mdpl dengan suhu berkisar antara 25 sampai 32 derajat Celcius. Curah hujan di Kecamatan Ngawen pad atahun 2007 berkisar antara 538 sampai 1256 mm/tahun dengan jumlah hari hujan terbanyak 86 hari. Musim hujan dimulai bulan Nopember dan berakhir pada bulan Maret-April dengan puncak hujan bulan Desember-Pebruari.

Dilihat dari bentuk wilayahnya sebagian besar merupakan perbukitan dengan kemiringan antara 0-40 %, dari luas keseluruhan yang berbentuk dataran hanya mencapai 15 %. Wilayah Ngawen termasuk dalam zona Batur Agung, yang memiliki fungsi sebagai daerah tangkapan air untuk 2 zona lainnya.

Air permukaan banyak dijumpai di wilayah Ngawen. Wilayah ini dilalui DAS Oyo dan 38 aliran sungai kecil yang berfungsi mengairi lahan pertanian ditambah 49 mata air yang berfungsi menyediakan kebutuhan air bersih. Kedalaman sumur bor 60-80 m yang membantu menyediakan air bersih untuk musim kemarau.

Lebih jauh jika ingin mengenal kecamatan Ngawen silakan kulik dibawah ini :

  1. Visi dan Misi
  2. Keadaan Geografis
  3. Keadaan Penduduk
  4. Sarana dan Prasarana

Sumber : Pemkab Gunungkidul