Konsep Wisata di Gunung Gambar Kec Ngawen Gunungkidul bag. 2

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Alhamdullilah, begitu mendengar bahwa Pembangunan Gunung Gambar menjadi tempat wisata segera di mulai, dimana beberapa waktu yang lalu sudah dilakukan “selamatan” .. setidaknya itu yang disampaikan Bapak Suparno, Kades Kampung Kecamatan Ngawen. Semoga pelaksanaan pembangunan ini berjalan lancar dan sesuai dengan rencana, yang tentunya juga mengedepankan “kearifan lokal” dalam pembangunannya, imbuh Bapak Suparno.  Sudah barang tentu warga masyarakat akan menyambut antusias akan hal ini dengan harapan bahwa kedepan tingkat perekonomian masyarakat Kecamatan Ngawen akan ikut terangkat dengan adanya pembangunan Gunung Gambar menjadi tempat wisata. Sebagai gambaran bahwa jika area ini akan dijadikan “WISATA RELIGIUS atau SPIRITUAL”, tentunya arena-arena wisata juga akan di bangun dengan konsep religi dan spiritual. Lebih hebat lagi jika nantinya mampu di kembangkan ke Area Makam di Semilir, Gunung Gambar ke Barat, yang kalau acara Sadranan biasa juga ada aktifitas religi disana.

Jika pelaksanaan pembangunan awal seperti apa yang telah disampaikan pada tulisan Konsep Wisata di Gunung Gambar Ngawen Gunungkidul bag 1;  sudahPotong Tumpeng terselesaikan, maka tentunya tinggal content (isi) dari wisata itu sendiri yang harus tetap mempertahankan originalitas Gunung Gambar, bukan memugar akan tetap melengkapi dengan konsep melestarikan dan bukan mengganti. Ini penting karena jika originalitas terganggu maka pasti akan bergeser makna dari Gunung Gambar itu sendiri bagi masyarakat Kecamatan Ngawen, yang merupakan peninggalan dan bukti sejarah sebuah kerajaan dan bangsa. Wacana  membuat bangunan-bangunan arena wisata permainan di Gunung Gambar seperti yang pernah saya dengar bukanlah sebuah konsep yang jelek, karena hal ini juga sangat bagus, akan tetapi yang perlu menjadi pertimbangan adalah “bagaimana peran masyarakat nantinya”, apakah akan terlibat di dalam pengelolaan ataukah hanya akan menjadi “pemunggu parkir dan toilet”, sama halnya adanya tempat wisata menjadikan masyarakat tidak berkembang dan mematikan kreatifitas dan budaya lokal.  Untuk tetap mempertahankan originalitas mestinya perlu dukungan informasi-informasi tentang Gunung Gambar, dan Pangeran Sambernyawa itu sendiri. Adanya sebuah bangunan museum yang dilengkapi dengan sejarah-sejarah dan informasi mengenai Gunung Gambar tentu akan menjadi daya tarik tersendiri bahwa di Gunung Gambar pernah ada cerita tentang seorang Raja dan Pahlawan Nasional. Selain itu bisa di bangun juga sarana pentas seni yang nantinya dibuat jadual secara rutin untuk menampilkan seni budaya yang ada di Kecamatan Ngawen, dengan membuat jadual tampil disana tentunya akan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan baik dalam negeri maupun luar negeri. Karena kesenian-kesenian di Kecamatan Ngawen begitu banyak dan beragam, jika di packing dengan manajemen pemasaran modern bukan tidak mungkin akan mampu menjadi sarana untuk menjual kecamatan Ngawen ke dunia luar.

Adanya kesenian Rinding Gubeng di Desa Beji sudah merupakan daya tarik yang luar biasa jika di buat jadual secara rutin, sehingga nantinya bisa di tampilkan di Gunung Gambar, dan selain Kesenian Rinding Gubeng masih banyak lagi kelompok kesenian-kesenian lain yang tersebar di Kecamatan Ngawen, selain campursari, karawitan dan ketoprak ada paling tidak 7 jenis kesenian lagi yang perlu perhatian dan ruang ber-ekspresi.  Dan untuk Arena bermain serta bangunan-bangunan modern lainnya, dapat dibangun agak jauh dari pusat Gunung Gambar sendiri. Jika demikain maka masyarakat akan merasa terlibat langsung untuk ikut memiliki dan melestarikan budaya-budaya daerah dan mengembangkan potensi dari Gunung Gambar itu sendiri. Tidak sekedar menjadi penonton di daerahnya sendiri, di sepanjang jalan menujur Gunung Gambarnya di kanan-kiri jalan dapat di bangun kios-kios untuk memamerkan produksi lokal masyarakat Kecamatan Ngawen, yang merupakan ruang pamer saja. Untuk keberadaan barang bisa di lokasi desa dan dusun masing-masing, sehingga wisatawan yang berkeinginan untuk bisa mendapatkan barang-barang yang dipamerkan dalam jumlah banyak dapat berkunjung ke lokasi produksi, dengan demikian daerah-daerah di sekitar Gunung Gambar yang memiliki potensi tersebut merasakan dampaknya secara langsung pula.

Konsekwensi logis dari upaya-upaya pengembangan sebuah daerah adalah akan adanya budaya-budaya luar yang masuk ke wilayah daerah tersebut, tentunya kesiapan sumber daya manusia dalam menerima budaya tersebut harus juga disiapkan dengan baik, jangan sampai budaya lokal tergeser dengan budaya-budaya daerah lain yang bukan milik masyarakat Ngawen, maka membentengi diri dengan memberikan pemahaman dan pengertian terhadap masyarakat sekitar dalam “pelestarian budaya lokal” juga harus dilaksanakan seiring dengan pembangunan Gunung Gambar yang dilaksanakan saat ini. ‘Prospek kedepan yang cerah sedikit banyak akan menjadikan wacana berpikir pada kaum muda untuk tetap bertahan dan membangun daerahnya, atau bahkan kesuksesan mereka di luar daerah suatu saat akan berpikir untuk ikut mengembangkan potensi tanah kelahirannya.

Akhirnya, sinergi nyata dari pemerintah dan masyarakat harus mulai di bangun saat ini, dengan mengedepankan asas keterbukaan dan saling percaya bahwa hal ini dilakukan untuk kepentingan bersama, kesejahteraan bersama dan kemajuan bersama, amin. Semoga tulisan ini bermanfaat terima kasih. Semoga pembangunan segera bisa terselesaikan dan masyarakat menikmati hasil pembangunan tersebut dengan baik, amin.

Sumber foto : Bapak Suparno

4 thoughts on “Konsep Wisata di Gunung Gambar Kec Ngawen Gunungkidul bag. 2

  1. Aminnn … semoga tetap mengedepankan kearifan lokal seperti yang pak lurah sampaikan … dengan sebuah kebijakan yang tetap mementingkan masyarakat banyak

  2. Hallo…..! Kec.Ngawen Khusus Buat Pak Camat Ngawen, Mohon Inpraktruktur ditingkatkan karena Kec.Ngawen agak terlambat dari
    pada daerah lain, terutama Jln. Nduren sampai, Tempuran belum semua di Perbaiki, termasuk daerah sekitarnya Pernah saya sampai kan sama Ibu Bopati kita.

    • Untuk pembangunan infrastruktur sudah barang tentu akan terus di perbaiki … insya allah amin, namun kesemuanya akan juga terkiat dengan anggaran .. alhamdullilah panjenengan sudah mirsani langsung kondisi ini apalagi dengan ibu Bupati .. semoga para wakil kami di DPRD bisa memperjuangkan ini … kami sebagai warga akan sangat antusias menunggu hal ini …

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s