Mewujudkan Paket Wisata Religi Di Kecamatan Ngawen ..

gerbangPemerintah Gunungkidul menjadikan kawasan Gunung Gambar di Kecamatan Ngawen sebagai obyek wisata spiritual baru. Kepala Bidang Pengembangan Produk Wisata Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Gunungkidul, Hari Sukmono, kepada Tempo,  menuturkan, pengembangan kawasan itu difokuskan untuk menghidupkan bekas petilasan Pangeran Mangkunegara atau Pangeran Sambernyowo.

”Jadi konsepnya menyerupai wisata ziarah, seperti di Kudus dan Pati,” kata dia seusai rapat pembuatan masterplan kawasan wisata itu dengan pemerintah DIY, Kamis, 4 April 2013.  Meski telah dibuka menjadi destinasi wisata sejak lama, pengembangan Gunung Gambar kurang maksimal karena belum diberi sarana pendukung. Gunungkidul kini sedang menyusun masterplan atau rencana induk dan detailed engineering design. Nantinya, kawasan itu akan diberi sejumlah pelengkap, seperti pendopo di kompleks petilasan dan juga sarana pndukung lain yang berfungsi menggerakkan potensi lokal. Untuk itu, pemerintah akan menggunakan dana sharing antara pemerintah kabupaten, pemerintah provinsi, dan pusat.


Pemerintah DIY tahun ini akan mengucurkan dana Rp 190 juta untuk rehabilitasi tangga berundak menuju petilasan. Setelah itu, pada 2014, pemerintah DIY akan mengalokasikan Rp 4 miliar untuk penataan Gunung Gambar agar lebih kompleks, seperti parkir, pagar pengaman, pendopo, dan gardu pandang.  Dari penataan utama itu, pemerintah Gunungkidul menyiapkan kawasan penyangga sebagai penggerak perekonomian lokal. Selain membentuk kelompok pengelola wisata, juga menyediakan sentra cendera mata di sekitar, seperti batik dan kerajinan akar wangi.  Untuk mengembangkan kawasan itu, pemerintah DIY telah berkoordinasi dengan Keraton Mangkunegaran, Surakarta, sejak Februari lalu.  Sumber (Tempo, 04 April 2013).

Harapan kita bersama sebagai warga Kecamatan Ngawen semoga hal ini benar-benar bisa terwujud dan dapat menjadi kenyataan, karena sebenarnya Kecamatan Ngawen memiliki potensi-potensi luar biasa yang masih belum tersentuh tangan-tangan kebijakan dari Pemerintah Daerah dengan baik. Apa yang telah di publikasikan diatas semoga saja bukan sekedar publikasi dan setelah itu berhenti akan tetapi dapat benar-benar terelalisasi,  bisa saja nantinya Wisata Gunung Gambar dijadikan wisata paket religi dengan situs-situs yang ada di Ngawen (yang belum terungkap secara gamblang) dan Watu Gendong, Hutan Wonosadi …. semoga dan semoga saja …

3 thoughts on “Mewujudkan Paket Wisata Religi Di Kecamatan Ngawen ..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s