Silsilah Leluhur Masyarakat Kec. Ngawen Gunungkidul

Meskipun belum menghasilkan sebuah kesimpulan yang berharga tentang kapan Ngawen berdiri dan siapa yang pertama kali mengucapkan kata “Ngawen” sehingga apa arti dan makna dari “Ngawen” itu sendiri, namun setidak-nya hasil kerja keras yang kami lakukan selama ini bersama rekan Dharwida Siswantoro dalam mengumpulkan catatan-catatan dari berbagai sumber baik dari buku, hikayat dan cerita sesepuh di Ngawen, yang terus kami himpun untuk dijadikan sebagai landasan dan pinjakan mendasar dalam upaya menguak sejarah Kec. Ngawen itu sendiri.  Setidaknya tulisan pertama tentang Sejarah Kec. Ngawen Sebuah Penelusuran Dari Catatan-Catatan Yang Tercecer  dan tulisan tentang Ngawen Pernah Menjadi Bagian 2 Kerajaan dan 2 Propinsi sudah menunjukkan banyak perkembangan.

Pada Tulisan lanjutan ini, akan kita mulai dari membicarakan masalah Silsilah dari leluhur Masyarakat Kecamatan Ngawen, yang diyakini oleh masyarakat bahwa lelulur masyarakat Ngawen adalah Mbah Gadingmas yang berada di Gunung Gambar dan Mbah Onggolotjo yang ada di Wonosadi.  Lalu keturunan dari mana beliau berdua .. ?? Dari rangkaian studi pustaka dan cerita sesepuh akhirnya kami memberanikan diri untuk membuat rangkaian-rangkain yang akhirnya menjadi sebuah silsilah (walaupun masih perlu penelusuran dan penelitian lebih mendalam) namun setidaknya hasil ini dapat dijadikan sebuah pijakan awal untuk mendapatkan hasil yang benar-benar memiliki tingkat validitas atau mendekati tingkat kebenaran yang sempurna.  Apa yang kami hasilkan masih sangat terbatas dari sumber, waktu dan biaya. Begitu panjang silsilah ini dengan sangat terpaksa kami potong yang langsung mengerucut ke Leluhur Warga Masyarakat Ngawen, yang kurang lebih sebagai berikut :

Pada Silsilah diatas di awali dari Masa Singosari, Masa Majapahit dan Masa Pelarian Majapahit, dimana pada masa pelarian Majapahit inilah ada 3 orang Putra Keturunan Prabu Brawijaya V yang bernama Raden Djoko Lambira Keturunan ke 55 (ke Gunung Gambar) dan Garwa Selir (Rara Resmi) bersama dua Putranya Gading Mas dan Onggolotjo melarikan diri ke daerah Hutan Wonosadi. Yang ternyata adalah saudara yaitu Raden Bondan Kejawen yang merupakan keturunan ke 14 lari ke Grobogan yang nantinya menurunan Raja-raja Tanah Jawa (Mataram ) antara lain : Paku Buwono, Pangeran Mangkubumi, Pangeran Sambernyawa.

Silsilah tersebut diatas dilanjutkan ke gambar dibawah ini :

Dari Silsilah tersebut diatas bahwa leluhur masyarakat Ngawen memiliki ikatan batin yang kuat dengan Raja-raja Jawa dan tentunya Pangeran Sambernyawa sendiri ketika akan melaksanakan perlawanan terhadap Belanda bertapa dahulu sambil menyusun strategi di Gunung Gambar tentunya juga ada alasan tersendiri, karena Gunung Gambar pernah didiami oleh Raden Djoko Lambira dan Mbah Gading Mas hingga kedua-nya muksa (menurut keyakinan dan kepercayaan sesepuh dan pinesepuh), karena hingga saat ini tidak ada kejelasan keterangan tentang makam beliau berdua, yang ada dan bisa di lihat hingga saat ini di Gunung Gambar hanya petilasan Pangeran Sambernyawa.

Demikian tulisan sederhana ini semoga ada manfaat-nya, amin.

Di sarikan dari berbagai Sumber oleh Dharwida Siswatoro dan Eka Sulistiyana

6 thoughts on “Silsilah Leluhur Masyarakat Kec. Ngawen Gunungkidul

  1. saya lupa persis dengan cerita yang saya pernah dengar dari sesepuh dusun saya. tapi bliau pernah crita awal mula nama nama dusun yang ada di kecamatan ngawen, setiap nama dusun di keluran kampung. ada cerita masing masing. pangeran apaa,.. saya lupaaa
    dulu saya minta di critain kisah itu suwaktu saya minta bahan untuk mata pelajaran waktu SMP.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s