Potensi Seni Yang Butuh Kesempatan Ber-ekspresi

Lebaran tahun ini dipergunakan sebagai momentum untuk bisa mendapatkan sebuah berkah dan juga penghapusan atas dosa dan kesalahan yang pernah dilakukan, kesempatan untuk bisa saling berjabat tangan sebagai sebuah upaya untuk menggugurkan dosa yang besar maupun yang kecil yang disengaja ataupun tidak benar-benar dimanfaatkan oleh semua lapisan masyarakat baik di kota atau didesa.  Tidak berbeda pula dengan apa yang dilakukan oleh masyarakat Dusun Gantiwarno, Desa Kampung Kec. Ngawen, dimana ada kesempatan untuk bisa saling memaafkan pada acara Halal Bi Halal yang diadakan oleh warga Dusun Gantiwarno yang berada di tanah rantau. 

Kesempatan untuk mudik tahun ini mereka manfaatkan untuk bisa saling memaafkan, dan dalam acara hala bi halal tersebut diisi hiburan campursari dan ketoprak (mungkin sebuah kesenian yang mulai diabaikan), yang menarik dan menjadi perhatian utama adalah kesenian ketoprak yang diperankan oleh anak-anak seusia SD dari Dusun Gantiwarno itu sendiri, dibawah sutradara Mas Lanjar (Beris) menjadi sebuah tontonan yang menarik dan mampu menghibur warga Gantiwarno yang di rantau khususnya dan warga masyarakat pada umumnya. Sebuah kebanggaan tersendiri ketika saya kemaren memiliki kesempatan untuk melihat aksi anak-anak diatas panggung, dengan kepercayaan diri, dengan kelucuan dan keluguan tingkah laku anak-anak dan kemampuan dalam menyajikan sebuah hiburan patut mendapatkan apresiasi dan kesempatan untuk mengembangkan diri. Walau dengan segala keterbatasan mereka mampu menyuguhkan sebuah tontonan yang cukup menarik menurut saya.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Potensi seni yang mungkin tidak dimiliki oleh anak-anak dari daerah lain, namun tentu mereka masih butuh bimbingan serta kesempatan tampi yang lebih banyak sehingga kemampuan mereka dapat terus diasah dan dikembangkan, hal ini butuh uluran tangan dan peluang-peluang yang mungkin mampu diberikan oleh rekan-rekan yang ada di rantau agar potensi seni mereka tidak terbenam oleh modernisasi, keinginan mereka untuk terus melestarikan sebuah budaya itu yang pantas di kasih apresiasi dan kesempatan untuk ber-ekspresi. Dan mungkin juga dari pemerintah daerah setempat mampu memberikan wadah yang tepat agar bagi mereka. Semoga kesempatan itu akan ada sehingga mereka bisa terus berkembang dan yang paling penting adalah mereka tetap ada kesempatan dan perhatian dari kita semua dalam upaya melestarikan budaya bangsa, khususnya seni “Ketoprak” ..

6 thoughts on “Potensi Seni Yang Butuh Kesempatan Ber-ekspresi

  1. perlu adanya motivator dan uluran dana dengan sblumnya membentuk wadah dg landasan yg kuat sehingga dpt memajukan,melestarikan budaya tsb. uluran dana maksudnya utk mendukung kelancaran perkembangan seni terutama anak2 n generasi muda.. sbg contoh musik pengiring (keyboard/electone) krn itu mrpkan prasarana vital pendukung utk latihan.. “tetap semangat,teruslah berkreasi utk membangun desa tercinta”

  2. anak-anak gantiwarno memang mempunyai jiwa seni yang kuat dan memang bakatya terlihat jelas saat beberapa kali sukses mementaskan kethoprak..
    sangat bangga dengan usaha dan karya mereka.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s