Misteri Watu Gendong di Desa Beji Kecamatan Ngawen

Kecamatan Ngawen, salah satu Kecamatan di Wilayah Kabupaten Gunungkidul bagian paling utara dan berbatasan dengan Kabupaten Klaten dan Kabupaten Sukoharjo Jawa Tengah ternyata memiliki beragam potensi yang masih “perawan” dan belum tersentuh bahkan terpikirkan untuk pengembangan dan pengelolaannya, mungkin jika ada kesempatan berdomisili di tanah kelahiran ada satu keinginan untuk bisa mengajak masyarakat dan pemerintah setempat untuk lebih peduli dalam mengembangkan potensi yang ada, namun semoga tulisan ini nanti mampu memberikan gambaran dan wacana untuk sedikit meningkatkan rasa peduli itu, sehingga ending-nya Kecamatan Ngawen tidak lagi menjadi sebuah daerah yang terisolir oleh keadaan.

Dan salah satu desa di Kecamatan Ngawen adalah Desa Beji, merupakan salah satu desa wisata di Kabupaten Gunungkidul. Tidak ada salahnya untuk mengunjungi desa ini karena ada banyak obyek menarik.Salah satunya adalah bongkahan batu seukuran rumah yang banyak tersebar di desa itu.  Ada sekelompok batu besar yang berserakan di ladang yang masuk wilayah Dusun Duren, Desa Beji.  Penduduk menamakannya sebagai Watu Gendong. Bila anda berwisata di Desa Beji maka penduduk akan bercerita tentang mitologi keberadaan batu-batu besar itu.

Walau sebenarnya Watu Gendong sendiri masih menyisakan sebuah misteri akan masa-masa lampau sebuha sejarah peradaban dari tatanan masyarakat di Kecamatan Ngawen sendiri, jika ditarik sebuah pemikiran kasar bahwa di daerah Patuk terdapat Gunung Api Purba tepatnya di Gunung Nglanggeran, mungkin saja Watu Gendong di daerah Beji Kecamatan Ngawen memiliki kaitan yang begitu erat, namun tentunya memerlukan penelitian yang lebih jauh oleh para ahli.  Sejauh rasa penasaran tentang misteri dari Watu Gendong ini semoga tulisan ini akan memberikan satu wacana berpikir bagi masyarakat untuk mengembangkan dan menjadikan hal ini sebagai salah satu tujuan wisata sehingga lambat laun bisa meningkatkan taraf hidup masyarakat Kec. Ngawen.

Demikian terima kasih semoga bermanfaat

7 thoughts on “Misteri Watu Gendong di Desa Beji Kecamatan Ngawen

  1. Daerah Beji saya tidak asing lagi namun untuk Watu Gendong baru kali ini saya mendengarnya , hal ini apakah hanya nama semata ataukan julukan ini memang mempunyai sejarah tersendiri sehingga dijuluki Watu Gendong , rekan2 beji ada tahu mengenai sejarahnya tolong di infokan ke kita trims.

    • He..he..he kang sigit.. ini perlu di teliti, tapi kabar-e dari rekan-rekan UGM sudah ada yang meneliti kesana terkait dengan Watu Gendong ini, di sinyalir ini merupakan batu purba.. cuma memang saya sendiri juga belum tahu.. akan menjadi menarik jika di angkat menjadi tempat wisata… yo po ra.. ???

  2. saya juga dari beji(Xlunyu) mengenai misteri watu gedong adalah
    kekayaan aset desa yang perlu dilestarikan dan dipublikasikan.
    sudah saatnya orang sekarang harus mengerti dan memahami budaya sendiri/ingat ……..budaya kita sekarang dalam ujung kepunahan………apakah dosa kita melestarikan ( nguri-uri ) budaya
    kita.

    • matur suwun.. mas dan kita inilah yang berkewajiban untuk ikut melestarikan dan mempublikasikannya… suwun-suwun…

  3. Mas-mas semuanya, saya sudah lama tertarik untuk menjelajahi Ngawen dan sekitarnya yg kaya akan berbagai peninggalan budaya serta arkeologi. Walaupun saya dari Karangdowo, sejak dulu saya selalu terpesona dengan gunung Gambar yang membujur dengan anggun. Saya akan kontak teman-2 Geologi UGM untuk minta informasi lebih banyak. Monggo, kita lestarikan Budaya kita agar tidak tergerus oleh budaya asing yang sudah mulai …
    Salam hangat.
    Pak Sugeng

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s