Tangis Pencipta Lagu “Generasi Bangsa”

Pada hari Senin 27 Juli 2010 diadakan Lomba Cipta Seni Pelajar Tingkat Nasional yang diikuti oleh sebanyak 231 peserta SD dan SMP bertajuk “Dengan Seni dan Budaya Membangun Karakter Bangsa” dengan sub tema “Kenali dan Cintai Budaya Negerimu”. Pada event kali ini, menggelar beberapa lomba, yaitu lomba lukis, cipta puisi, cipta lagu, dan desain motif batik.  Dan ternyata dari Gunungkidul – Yogyakarta juga mengirimkan beberapa peserta pada acara yang dilaksanakan di Istana Tampak Siring Provinsi Bali tersebut. Dan pada penyerahan pengumuman lomba dan penyerahan hadiah dilaksanakn dihadiri oleh Presiden dan Ibu Negara. Namun ternyata kegiatan ini berakhir kurang manis sehingga membuat presiden kecewa dan membuat beberapa peserta menangis.

Kekecewaan dan kemuraman wajah Sang Presiden bukan tanpa alasan, hal ini disebabkan oleh kekacauan yang terjadi disaat pengumuman pemenang dan penyerahan hadiah kepada pemenang dimana terjadi kesalahan dan adanya ralat pemenang, seperti yang ditulis oleh harian Radar Jogja, Jawa Pos, Detik , kecewa Sang Presiden mungkin  tidak sekecewa dan se-malu Agustina Eka, siswa kelas 8 SMPN 1 Wonosari, Gunung Kidul, berurai air mata setelah kemenangannya diralat oleh juri Putu Wijaya dan Purwacaraka. Agustina batal menjadi juara kedua lomba cipta lagu, yang pengumumannya digelar di Istana Tampak Siring, Gianyar, Bali.

“Kecewa,” ujar Agustina yang mencipta lagu berjudul  “Generasi Bangsa”. Dia tak kuasa menahan air matanya. Sebuah perhelatan nasional dengan melibatkan dan membawa nama presiden akan tetapi berakhir dengan kekacauan seharusnya hal seperti ini tidak perlu terjadi, jika ada persiapan dan penanganan yang profesional dari penyelenggaran dan kepanitiaan serta juri.  Mungkin pelukan kasih dari Ibu Negara mampu mengurangi rasa kecewa namun rasa malu dari seorang Agustina Eka akan terbawa dalam bayang-bayang anak itu.  Sebuah apresiasi dan rasa bangga terhadap Agustina Eka walau sebagai pemenang yang digagalkan, akan tetapi sudah mampu memberikan satu pembelajaran yang begitu berharga bagi kita semua, terus berjuang dan maju terus pantang mundur. Tunjukkan bahwa anak-anak Gunungkidul mampu berprestadi di tingkat nasional.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s