Mewacanakan Gunung Gambar Untuk Wisata Paralayang

Gunung Gambar adalah sebuah kebanggan tersendiri bagi masyarakat Kecamatan Ngawen, dengan ketinggian 200 dpl yang merupakan perbukitan dengan dan saat ini merupakan sebuah wisata spiritual karena dikenal sebagai Petilasan dari Pangeran Sambernyawa atau Mangkunegara I. Dengan ketinggian 200 dpl memungkinkan juga Gunung Gambar dikembangkan untuk wisata olahraga selain wisata spiritual yang selama ada, wisata olaharaga dengan dikembangkan menjadi tempat untuk lepas landas olahraga paralayang, mungkin hanya sebuah angan belaka, namun tidak menutup kemungkinan jika ada investor atau mungkin warga Kecamatan Ngawen sendiri yang bisa melakukan penelitian lebih jauh tentang kemungkinan Gunung Gambar sebagai arena Paralayang tentunya akan sangat menarik dan mampu mengangkat perekonomian masyarakat Kecamatan Ngawen.

Lalu apakah Paralayang itu ?, paralayang adalah salah satu cabang olahraga terbang bebas. Paralayang dapat diartikan sebagai sebuah parasut yang dapat diterbangkan dan dapat mengangkat badan penerbang. Parasut atau pesawat ini lepas landas dan mendarat menggunakan kaki penerbang. Olahraga paralayang lepas landas dari sebuah lereng bukit atau gunung dengan memanfaatkan angin. Angin yang dipergunakan sebagai sumber daya angkat yang menyebabkan parasut ini melayang tinggi di angkasa terdiri dari dua macam yaitu, angin naik yang menabrak lereng (dynamic lift) dan angin naik yang disebabkan karena thermal (thermal lift). Dengan memanfaatkan kedua sumber itu maka penerbang dapat terbang sangat tinggi dan mencapai jarak yang jauh. Yang menarik adalah bahwa semua yang dilakukan itu tanpa menggunakan mesin, hanya semata-mata memanfaatkan angin. Peralatan paralayang sangat ringan, berat seluruh perlengkapannya (parasut, harness, parasut cadangan, helmet) sekitar 10 – 15 kg. Peralatan paralayang juga sangat praktis karena dapat dimasukkan ke dalam ransel yang dapat digendong di punggung. Olahraga Paralayang juga sangat kecil ketergantunganya dengan wahana lainnya. (sumber : http://paralayang.org)

Namun untuk mewujudkan hal tersebut tentunya harus memperhatikan beberapa aspek terutama dari sisi kelayakan yang sesuai dengan prasyarat sebuah lokasi ideal untuk dipergunakan olahraga Paralayang ini, kalau tentang hal ini mungkin perlu diadakan penelitian dan survey lokasi lebih lanjut oleh orang-orang yang ahli dalam hal paralayang ini. Sebagai sebuah gambaran bahwa Gunung Gambar saat ini sudah dapat dilalui dengan mudah mulai dari Kendaraan Roda Dua maupu Roda Empat, meskipun perlu keahlian tersendiri untuk bisa mencapai puncak dengan kendaraan tersebut. Untuk pemandangan dan ke-asyikan di atas ketinggian Gunung Gambar tidak perlu di sanksikan lagi, karena kita dapat melihat Waduk Gajah Mungkir di Wonogiri, Telaga Jombor, Kota Solo,, Surakarta dan Klaten serta Sekitarnya, Puncak Merapi tanpa halangan apapun dan akan terlihat begitu indah ketika pagi hari ataupun sore hari.

Dan jika memang wacana paralayang di Gunung Gambar ini menarik, tentunya harus memperhatikan arah angin dan kekencangan angin, lokasi pendaratan yang pas dan sudah barang tentu perbaikan sarana dan prasarana sebagai salah satu penunjang realisasi wacana ini, tidak hanya akan menjadi mimpi jika memang Pihak Pemerintah setempat, Kecamatan Ngawen atau PEMDA Gunungkidul mampu menggandeng investor dalam mewujudkannya.  Sebagai warga Ngawen tentu akan berbangga hari jika hal ini tidak sekedar wacana namun bisa menjadi nyata entah itu kapan.

21 thoughts on “Mewacanakan Gunung Gambar Untuk Wisata Paralayang

  1. Sy kalo melihat acara di tipi mengenai paralayang langsung ingatanku ke gunung gambar dan sekitarnya, seandainya sy punya peralatan dan bisa menggunakan paralayang, sy mungkin orang pertama yg akan menggunakan g gambar untuk olahraga paralayang

    • mudah-mudahan (berharap lah).. ada investor yang memang berniat untuk mewujudkan wacana tadi, ato mungkin ada rekan-rekan perantau yang sudah sukses dan memiliki kepedulian terhadap daerah asal.. wah.. jian.. siip tenan yo mas..

      • Salam, mestinya kalo mau maen paralayang gabung dulu dg komunitas terdekat, misalnya jogja. Bisa ajak mereka untuk survey kelayakan lokasi untuk selanjutnya pengembangan. Tks
        call 0818293133

    • kalo dari semarang yach.. lumayan mas.. tapi kalo lewat Boyolali – Klaten – Cawas – Ngawen.. dekat, kalo lewat Jogja jauh…

    • insya allh bisa mas.. karena ada dataran yang luas-an luas di sebelah selatan Gunung Gambar.. setelah pintu masuk… nyoba aja menghubungi kantor kecamatan Ngawen.. thanks

    • sangat bisa kemah aja di lereng di dalam area (kalau boleh) soalnya itu ada pepohonan yang lumayan, tetapi agak miring. bikin kemah di puncak-puncak sebelah rumah paling barat berderet juga ok kayaknya. tapi disana susah air, itu pertimbangan utama. kalau penduduknya ok ramah dan wellcome

  2. Ide bagus. Ke arah utara (Cawas) sangat terbuka, pemandangannya indah. Tapi apakah jln ke lokasi sdh bs dilalui kendaraan roda 4? Terakhir kesana jalannya msh jln setapak, saat aku msh smp (sekitar 30 th lalu).

    • Trism.. mas,.. jalan menuju kesana sebenarnya Roda 4 sudah bisa, hanya saja perlu konsentrasi tinggi, hal ini disebabkan akses jalan menuju kesana sudah mulai rusak berat

      • sekarang udah jalan aspal sampai tempatnya
        tetapi kadang aspalnya pada piknik jadi yaaaaa…..
        aku orang sana lho, tapi pakai roda empat bisa kok sampa depan pintu gerbang

  3. kalo jalan masih jelek bisa sekalian di gabung antara adventure offroad dan paralayang…pasti menarik…sayang jauh dari malang ya…

    • ini yang seharusnya dipikirkan oleh masyarakat setempat mas..smoga bisa terealisasi dengan Bupati yang baru…. he..he.he (berharap Mode On)

      • ide yg sangat bagus ya,coba bisa kelaksana eide2xx anak muda nya yg dah berhasih waaaaaah sip deh duren ,munggur jadi makmur ,hebat lah .sayang aku tgl 3 kemarin agak sempit waktu ku ,pd hal kangen banget ama sadranaan,ayo generasi muda duren and sekitar nya maaaaaaaaju .biar yg tua ni ikut bangga ,haaaaaaaaa mau nya sih gitu looooo .cah munngur asli

      • meskipun aku bukan orang duren, btw sama-sama dari Ngawen mbak.. h.e.h.eh smoga pemda melirik ngawen lebih dekat lagi

  4. Monggo… silahkan datang ke gununggambar ku tercinta, jalan dari kantor kecamatan ngawen sudan mulus, nikmati tanjakannya yang menantang nyali anda berkendara atau jika anda ingin menguji ketahanan fisik anda juga bisa jalan kaki dari gardu pertama sebelum tanjakan pakde miyo.

    Monggo tindak teng nggunung gambar….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s