Batik Tancep Memiliki Potensi Untuk Dikembangkan

Batik yang merupakan warisan budaya Indonesia, yang ditetapkan oleh UNESCO pada 02 Oktober 2009 di Paris merupakan satu kebanggan tersendiri yang harus segera ditindaklanjuti dengan karya nyata dan upaya-upaya pelestarian oleh negeri ini. Dengan demikian maka masyarakat dapat melakukan kegiatan memproduksi batik dengan home industri, yang di topang dengan pembinaan dan arahan dari pemerintah daerah masing-masing.  Menyikapi hal itu di Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), kini meningkat hingga empat kali lipat dari bulan-bulan sebelumnya, setelah adanya pengakuan dari UNESCO bahwa batik merupakan warisan budaya dunia.


Produksi batik tulis di Gunungkidul dalam tiga bulan terakhir meningkat hingga empat ratus persen, karena permintaan pasar lokal maupun luar daerah mengalami lonjakan. “Melesatnya popularitas kain batik sungguh di luar dugaan, sehingga menjadikan sektor usaha pembuatan batik berkembang pesat, karena tingginya permintaan,”  seperti yang disampaikan oleh Kepala Bidang Perindustrian Dinas Perindustrian dan Perdagangan Gunungkidul Anwar Jamal di Wonosari, (http://mediaindonesia.com, Kamis 3/12/2009).

Apalagi, kata dia, kini anak muda juga mulai gemar memakai busana batik, hal itu bisa dilihat dari tren mode anak muda yang saat ini mengedepankan penggunaan batik sebagai style fashion modern. “Adanya anjuran pemerintah daerah kepada para pegawai negeri sipil (PNS) untuk mengenakan busana batik, menjadikan penjualan kain batik di pasar lokal meningkat,” katanya.

Industri batik tulis Gunungkidul yang kini berkembang pesat di antaranya di kelompok usaha batik di Dusun Tancep, dan Prengguk Kelurahan Tancep Kecamatan Ngawen, Kabupaten Gunungkidul. Ini memberikan sebuah angin segar bagi Kecamatan Ngawen dimana telah bermunculan home industri yang diharapkan mampu meningkatkan geliat ekonomi masyarakat yang tentunya tidak bisa hanya mengandalkan dari bidang pertanian saja.  Semoga hal ini mampu membuka cakrawala pandang dari masyarakt dan pemerintah daerah untuk bisa meningkatkan dan mengkondisikan peluang yang ada.

3 thoughts on “Batik Tancep Memiliki Potensi Untuk Dikembangkan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s