Gunung Gambar

GununggambarGunung Gambar merupakan obyek wisata spiritual yang berada di Desa Jurangrejo, Kecamatan Ngawen kurang lebih 39 km dari Wonosari, terletak pada ketinggian 200 m di atas permukaan laut, sehingga dari puncaknya kita dapat menikmati keindahan Rawa Jombor di Klaten dan Waduk Gajah Mungkur di Wonogiri.

Menurut legenda, tempat ini merupakan pertapaan Raden Mas Said atau lebih dikenal sebagai Pangeran Samber Nyawa, yang kemudian menjadi pengusa Mangkunegaran Surakarta dengan gelar KGPAA Mangkunegara I. Di tempat ini beliau duduk diatas batu (watu Kong) menggambar lokasi yang akan menjadi wilayah Mangkunegaran serta menyusun strategi untuk melawan Belanda. Setiap satu tahun sekali di Gunung Gambar bersamaan dengan di Wonosadi (hutan lindung di dekat Gunung Gambar) diselengggarakan “SADRANAN”.

Gunung Gambar mengalami masa kejayaan atau ramai dikunjungi pada jaman Orde Baru, dimana setiap Kong Samber Nyawatanggal 1 Suro selalu ramai bahkan orang-orang menginap disana untuk sekedar ngalap berkah, konon cerita air yang berasal dari Kong (bekas pertapaan) Pangeran Samber Nyama banyak memberikan manfaat.  Air ini bisa diyakini membuat kita awet muda, mudah mendapatkan rejeki dan lain sebagainya. Diyakini sebagai penunggu dari Gunung Gambar ini adalah Mbah Gading Mas.

Namun sebenarnya selain ada rentetan sejarah yang merupakan bagian dari perjuangan negeri ini menuju kemerdekaannya, Gunung Gambar memiliki ke-khasan dan pemandangan yang eksotis dan tidak kalah dengan Gunung Bromo ketika ingin melihat matahari terbit maupun matahari terbenam.  Ketika kita berada di puncak Gunung Gambar disaat matahari terbit, maka kita dapat melihat sebuah pemandangan yang begitu indah, melihat munculnya matahari dari sebelah timur, dengan memandang hamparan kaki-kaki bukit didaerah Kabupaten Wonogiri, dan jika matahari terbenam maka kita akan dapat sisi lain dari keindahan dengan pandangan lurus ke arah Gunung Merapi.

Namun sayang sisa-sisa keramaian di waktu Orde Baru tidak terasa saat ini, hal ini lebih disebabkan oleh kurangnya perhatian pemerintah daerah terhadap potensi ini, dan juga tingkat kesadaran masyarakat akan pengelolaan dan pelestarian lingkungan ini.  Pintu Gerbang, Joglo untuk beristirahat dibiarkan terbengkalai bahkan akses jalan menuju Gunung Gambar sudah rusak dan terlihat berlum ada perhatian sama sekali.

Sumber : Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul

10 thoughts on “Gunung Gambar

  1. Mas, Kulo Warga Desa Duren Beji Ngawen GK,

    Kulo sak niki Buruh teng Negoro Woten Tlatah Tangerang,
    Tapi kulo sering kepingin sanget tindak dateng Ngredi Gambar amargi kulo rumien yen tahun baru sering nginep wonten ngredi Gambar,
    Yen saget Dipun paringin Foto Pas tahun barum yen wayah jam 05.00 enggi Pak.

    • Matur suwun.. mas.. sampun kerso pinarak.. hwalah di-pun usaha-aken njih mas.. mugi samangke saget nyembadani panyuwun panjenengan…

  2. skss aj untuk mas g2s atas ide dll utk kemajuan ngawen, ak senang sekali dgn idenya mju terus, aktif terus ( mas ino suru/kalimantan )

  3. Maaf Mengenei Gunung Gambar termasuk Wilayah mana ?
    Saya rasa semua tahu Bahwa Gunung Gambar adalah sebuah Dusun yang dikepalai seorang Dukuh sedangkan pedukuhan Gunung Gambar termasuk Kelurahan Kampung kec. Ngawen, Sedangkan Juru Kunci nya pun Bukan Orang Bundelan Mohon DiCek dan di Koreksi !!!

    Tardi

    • Gunung Gambar memang merupakan sebuah dusun yang masuk ke Wilayah Desa Jurangjero, Kecamatan Ngawen, Kabupaten Gunungkidul, Propinsi DIY.. dan saat ini memang belum begitu banyak setuhan dari Pemerintah Daerah setempat..

  4. Demi kemajuan wisata gunungkidul terutama bagian utara termasuk “GUNUNG GAMBAR” & sederetanya. bagi yg mengelola baik pmerintah setempat maupun pmerintah daerah, perhatikanlah dan tingkatkan pengelolaan potensi alam dan wisata yg ada demi kemajuan daerah stempat, toh itu juga sbgai aset budaya yg suatu saat nanti akan di kenal oleh nasional maupun internasional. demikian saran kami dan seklumit kritikan membangun, atas perhatianya saya ucpkan bnyak trimakasih.

  5. sebuah kritik yang memang membangun dan layak untuk diperhatikan, semoga pemerintah setempat tidak hanya tinggal diam dalam menyikapi dan mengelola potensi yang telah ada… mungkin juga para investor dari Ngawen sendiri atau luar ngawen yang ingin mengembangkan Gunung Gambar sangat diharapakan.. terima kasih

  6. maksih yo mas,,,,, aq dpt berita ttg sejarah gununggambar tp maaf yo gg bukan wil jurang jero tp itu wil. desa kampung cuma kalau pas kegiatan sadranan masyarakat jj kadang jd pelaksananya. terima kasih

  7. Alhamdulillah, meskipun daerahnya jauh dari keramaian kota Jogja dan Solo tapi saya bangga lahir dan di besarkan di dusun gunung gambar. warga disana sangat sederhana tapi semangat gotong royong masih melekat erat dengan kehidupan sehari-hari masyarakat sana. namun yang menyedihkan saat ini penduduknya mayoritas usia tua dan anak-anak sekolah karena sebagian besar yg sudah tamat SMA/Kuliah langsung merantau ke kota, seperti saya misalnya sudah 15 thn merantau di Bandung tapi Alhamdulillah kecintaan saya dg gununggambar tidak pernah pudar bahkan semakin rindu dengan kampung halamanku yang berada di ujung wilayah DIY ini….

    Kagem sederek2 sedoyo kulo ngaturaken “MATURNUWUN” sanget atas kepeduliannipun dumateng gununggambar mugi-mugi pemerentah ngawen saget ngembangaken gununggambar lan “WONOSADI”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s