Hutan Wonosadi Menjadi Hutan Wisata

WonosadiHutan Wonosadi terletak yang terlatak antara dua Dusun yaitu di Dusun Duren dan Dusun Sidorejo Desa Beji Kecamatan Ngawen Kabupaten Gunungkidul, Hutan dengan luas inti 25 hektare dan 25 hektare luas hutan penyangga. Hutan ini terletak diperbukitan yang berbatu hitam dan tanahnya merah kehitaman dengan ketinggian di atas permukaan laut kurang lebih 400 m. Hutan inti yang luasnya 25 hektar ini sebenarnya sudah sejak dahulu menjadi tempat wisata khususnya bagi masyarakat Kecamatan Ngawen dan sekitarnya dan setiap tahun ada budaya “Sadranan”, karena diyakini oleh masyarakat sekitar memiliki legenda dan mitos sehingga terus dilestarikan hingga saat ini.

Karena ketekunan masyarakat sekitar Hutan Wonosadi menjadi sebuah Hutan yang Eksotis serta nyaman dan menarik untuk dijadikan tempat wisata. Karena kelestariannya dan kerimbunan pepohonan yang masih bisa dibilang sebagai “Hutan Perawan”, berkembang anaka flora dan fauna yang kemudian dilindungi oleh pemerintah.  Kicaun burung langka dan keindahan anggrek liar menjadi warna tersendiri bagi Hutan Wonosadi.

Dan pada tanggal 19 Juli 2009 lalu Hutan Wonosadi ditetapkan menjadi Hutan Wisata oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Gunungkidul. Dengan ditetapkannya Hutan Wonosadi menjadi Hutan Wisata semoga menjadi satu peluang yang menjanjikan bagi masyarakat sekitar, terutama untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, dengan sebuah pengelolaan yang baik, Hutan Wonosadi akan menjadi sebuah obyek wisata yang menarik tidak hanya bagi wisatawan dalam negeri akan tetapi juga mancanegara. Tentunya hal ini dapat mengetuk hati warga masyarakat yang telah sukses dirantau untuk bisa guyup rukun sa-eyeg sa-eko proyo untuk bisa mencarikan investor bagi pengembangan Hutan Wonosadi.

Semoga amiin..

9 thoughts on “Hutan Wonosadi Menjadi Hutan Wisata

  1. wis jan main tenan iki. tahun 1978 aku dolan neng wonosadi sangu kupat. waktu itu masih banyak jambu kluthuk. nggak tahu kaya apa sekarang. Saya Asli sambeng om gigis. tapi sudah sejak 1979 melalang bawono. sekarang di Purbalingga. Banyumas. Salam buat semua kerabat di Ngawen. Rindu nan kuampung halaman.

    • Saat ini Hutang Wonosadi telah dikelola dengan baik, terbukti dengan dicanangkannya sebagai Hutan Wisata, namun demikian tentu masih membutuhkan perhatian tersendiri sehingga mampu memberikan kontribusi untuk masyarakat sekitarnya

      • Hi Mas gigis siapa ya aku asli munggur lo ,baru aja aku dari sano,but gak sempat tunnguin rasulannn ya kangen banget ni ama rasul ,masih ingat masa2xx kecil ku ,tengah mlam dah siap 2x mau sadranaan biar gak keduluan orang ke gunung gambar ,indah skli daah kalau bisasampai yg pertama ,but kadang 2xxlucu ya jman duluuuu,mungkin mas gigis blm lahir .

      • hai.. juga mbak Cenil.. heh.e.h jika memang dari daerah ngawen.. mungkin banyak yang sudah tahu sapa gigis.. ach.. gak nyombong juga sih.. aku bukan orang munggur mbak btw aku asli anak Gantiwarno, Kampung, Ngawen.. makasih sudah mampir

  2. Mbak cenil itu sopo ya, saya sukardi Nggunung anak sariyo, salam kenal dulu, aku sekarang ada di tangerang.
    Mbak cenil sampean sak iki enek ngendi trus cenil sopo ya, apa anake mbah harno apa ya. tolong kasih tahu biar silatuohmi keluarga duren tetap jalan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s