Selamat Datang Pak Menteri Di Kec. Ngawen

MS. KabanNgawen : Begitu antusias masyarakat di sekitar Hutan Wonosadi saat menyambut kedatangan rombongan Menteri Kehutanan M.S Kaban pada 24 Juni 2009 sekitar pukul 13.00 WIB. Menhut akan menyaksikan penyerahan ijin usaha pengelolaan Hutan Tanaman Rakyat  (HTR) kabupaten Gunungkidul dari Bupati Gunungkidul kepada kelompok tani  hutan.

Lokasi Hutan Wonosadi di Desa Beji Kecamatan Ngawen. Wonosadi merupakan hutan yang dikelola secara adat oleh masyarakat Desa Beji. Dengan satu harapan bahwa meskipun nanti pengelolaannya diserahkan kepada rakyat akan tetapi fungsi sebagai hutan lindung jangan sampai terambaikan dan tetap mempertahankan ekosistem yang ada. Amiin..

“Menhut akan hadir menyaksikan dalam acara penyerahan ijin HTR. Sekaligus Beliau akan melihat langsung kondisi Hutan Wonosadi,” kata  Murbani, Kepala Bagian Kehutanan Dinas Kehutanan dan Perkebunan Gunungkidul. Menhut akan masuk hutan menuju puncak Hutan Wonosadi sekitar 0,8 kilometer dengan jalan kaki.

Koperasi Bima yang berdomisili di Kecamatan Semanu akan menerima ijin pengelolaan HTR selama 60 tahun. Koperasi tersebut mengelola kawasan hutan negara dengan hasil kayu yang menjadi hak koperasi.

Gunungkidul menyediakan kawasan hutan sekitar 327 hektare yang dikelola oleh koperasi. Pengelolaannya menggunakan skema HTR Departemen Kehutanan. Kawasan hutan tersebut tersebar di enam desa, meliputi Wunung,  Balong, Pacarejo, Candirejo, Purwodadi, dan Jepitu.

Sumber : Kompas.com, Pemkab Gunungkidul

One thought on “Selamat Datang Pak Menteri Di Kec. Ngawen

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s